Tips Memulai Bloging




Buat sebagian orang blogging itu hanya sebuah hobi dan buat sebagian lagi blogging itu merupakan sebuah pekerjaan bener gak ya? Untuk menjadi seorang blogger sebenernya gak susah-susah amat, yang penting punya ide buat bisa dituangkan menjadi sebuah karya tulis beres dah.
Buat kamu yang mungkin baru ingin memulai blogging, kali ini saya punya sedikit tips. Tips ini semuanya dari pengalaman saya aja selama ngeblog gan. Yang namanya pemula wajar kalau gak begitu ngerti tentang dunia perbloggingan. Oleh sebab itu kita harus terus belajar dan belajar.

Tips Memulai Blogging
Sebelum memulai blogging tentu harus punya blog, kalau belum punya ya buat dulu gan. Banyak platform blog gratis yang bisa kamu pake misal Blogger, Wordpress, Tumblr, TypePad dan masih banyak lagi, silahkan dipilih sesuai selera aja gan. Browsing tutorialnya ya.

Kalau buat blog usahain namain blognya yang unik, menarik dan gak terlalu panjang. Misal pake nama kamu aja gak masalah atau nama yang ada kaitannya sama topik blog yang bakal kamu buat. Udah buat blog sekarang lanjut ke tips-tipsnya.

1. Tujuan Dan Topik
Tentukan apa tujuan kamu blogging misal cuma buat hobi, cari duit atau yang lainnya. Ini penting karena biar kedepannya kamu bisa jadi seorang blogger yang jelas dan fokus gan. Maksudnya kamu gak bakal berubah-rubah haluan dan ngikut-ngikutin orang laen

Tujuan udah jelas sekarang tentuin topik blog kamu gan. Sebaiknya topik blog sesuai sama hobi atau hal-hal yang kamu sukai. Alasannya sederhana aja karena kamu bakal lebih mudah dapet ide buat nulis postingan. Buat blogger ide menarik itu yang paling susah dicari. Selain itu kalau kamu buat blog yang ada hubungannya sama hal-hal yang disukai, itu bakal bikin kamu ngerasa lebih enjoy dan semangat ngelola blognya.
2. Menulis Postingan

Udah punya blog dengan tujuan dan topik yang jelas, sekarang saatnya memulai menulis postingan. Sebelum mulai nulis, kamu pasti pengen kelak postingan yang dibuat bakal dibaca banyak orang ya kan. Untuk itu kamu perlu cari tau apa yang disukai dan menarik perhatian orang. Cara sederhana aja kamu search di Google, ide menarik apa yang bakal kamu tulis.
 Manfaatkan Google Keyword juga buat nyari tau jumlah orang yang mencari dan tingkat persaingan kata kunci gan. Ini penting karena sebagai pemula kamu gak bakal bisa langsung ngalahin blogger-blogger senior dan nembus halaman depan Google semua butuh waktu gan. Jadi awali dari yang tingkat persaingannya gak terlalu tinggi gan.
Buat postingan
- yang semenarik mungkin, usahain pake gambar kalau buat postingan karena ada pepatah "sebuah gambar lebih bermakna dari pada ribuan kata-kata",
- memberi manfaat buat yang baca,
- bahasanya mudah dimengert,
- jangan terlalu mikirin SEO ( gak penting buat pemula banget ),
- sering-sering update postingan biar blog kamu di indexnya cepet sama Google juga bikin Alexa rank semakin bagus dan menulislah dengan tulus pasti hasilnya bakal maknyus gan.
- Jangan pernah buat postingan yang gak sesuai dengan fakta alias nipu.
- Kunci sukses sebuah blog ada pada isi postingannya gan. Isi yang menarik selain disukai sama pengunjung juga bakal bikin postingan tersebut ada di halaman depan Google. Ini fakta bukan mimpi, silahkan dibuktikan sendiri.

3. Mencari Inspirasi Dari Blog Senior
Maksudnya mencari sesuatu itu kamu sering-sering berkunjung ke blog orang laen istilah kerennya Blosayaalking terutama blog-blog yang top, keren dan jumlah pengunjungnya banyak. Tujuannya ya buat mencari sesuatu yang berguna untuk kemajuan blog kamu. Amati gimana cara yang punya blog itu menyampaikan isi postingannya, terus desain blognya dan hal-hal menarik lainnya, yang kirannya nanti bisa jadi inspirasi dan diterapkan di blog kamu gan.

Saat berkunjung ke blog orang laen kalau kamu ngerasa dapet inspirasi, ada baiknya kamu ninggalin komen. Buat komentar yang biasa aja gak pake ninggalin link-link segala, belajar jadi blogger yang punya tata krama biar kamu dihargai sama temen-temen blogger yang laen. Boleh aja ninggalin link tapi jangan sering-sering apalagi pake link hidup.

4. Target ( Rangking & Pengunjung )
Dalam membuat dan melakukan sesuatu tentu kalau punya target tinggi itu bagus banget, saran saya jangan pasang target yang terlalu tinggi. Misal blog saya harus ada di urutan no 1 Google dan bisa ngalahin blognya si A, si B dll. Ini motivasi yang bagus sebenernya tapi kamu juga harus sadar dan realistis kalau kamu sebagai pemula butuh waktu untuk bisa mencapai itu semua.

Jangan juga terlalu mikirin jumlah pengunjung ke blog kamu gan. Hal yang sangat wajar kalau blog baru jumlah pengunjungnya sedikit. Jadi gak usah dibawa stres kalau blog kamu sepi, tetep semangat buat sesuatu yang menarik dan yakin sama apa yang kamu buat.
5. Promosi
Ini salah satu hal yang paling penting buat ningkatin jumlah pengunjung dan popularitas blog kamu. Promosikan  blog kamu melalui media sosial ke temen-temen atau orang-orang yang kamu kenal. Jangan pernah merasa malu mempromosikan blog kamu, PD aja sama hasil karya kamu.

Tapi ada metode-metode promosi yang harus kamu usahain untuk dihindari gan. Di antaranya submit postingan ke sosial bookmark, blog direktori dan artikel direktori. Alasannya karena banyak sosbook, blog direktori, maupun artikel direktori yang kualitasnya buruk gan. Jangan awali blog baru kamu dengan hal-hal yang gak berkualitas.

2 komentar:

  1. sob, boleh tau apa itu tukeran link dan gimana caranya?
    newbie bnget nnih

    ReplyDelete
  2. Kita sama2 pangeran ya...
    tinggal buka blog teman kamu, truz koment dibawah salah satu post sambil ninggalin alamat blog kamu, biar nanti ada yg mampir ke blog kamu.
    intinya gitu, unutk manaikan jumlah pengunujung.
    http://tulisan77.blogspot.com/2013/06/cara-buat-backlink.html

    ReplyDelete

Komentar Terbaru